Saturday, October 9, 2010

Perspectiva Partido Sosialista ba Futuru liu Husi Estabelesimentu Comite Base Central

Saida mak PST garantia e sai hanesan mehi no inajinasaun bele implementa ne'e mak finalidade husi promesa durante de halao campanha tantu parte agricultura, justisa, edukasaun, saude, infraestrutura, ekonomia, cultura, no seluk tan nebe tama iha preamblu fundamentais no ideologi PST nian. Formasaun brigada ne'ebe ho tendensia bele kaer knar hanesan implementador programa partido nian iha teritori tomak liu-liu baze de apoiu (CBP, SCTSCT, AJST, AMST) ho mentalidade revolusionaria hodi bele adapta ho comunidade ne'ebe moris iha vida profisionalidade agricultor no trabailadores e companeses.

Plano programa ne'ebe PST kria tenki relevante ho kondisaun aktual iha baze i komunidade nia let. Misaun partido nian mak oinsa bele servi no hadomi maubere sosialista nia oan sira no liberta povu husi kiak no mukit iha Timor Leste tomak. Sistema kolektivu hanesan baze fundamentais ba partido hodi bele organiza ninia apoiantes no militans iha area romates to'o hirak ne'ebe hela iha cidade no la iha diferensia entre cidade no rurais. Oinsa PST bele organiza no muda mentalidade simpatizantes, entau liu husi knar ne'ebe konsagra iha estatuta partido sosialista Timor nian pelu menus bele fo impaktu positivu ida ke bele muda mentalidade povu nian hodi sai husi nakukun, kiak no mukit. PST la iha promete ba ninia militantes ou simpatizantes maibe PST garantia ba povu katak; karik ita mak kaer ukun buat ne'ebe mak ita halo..... ita sei halo, maibe buat hirak ne'ebe labele halo...... tenki esklarese labele halo tanba rasoens ne'ebe la konsege influenza simpatizantes.

Wednesday, October 6, 2010

Partido Socialista de Timor....!!! Viva Socialismo


Pada tanggal 1 Mei tahun 1886, sekitar 400.000 buruh di Amerika Serikat mengadakan demonstrasi besar-besaran untuk menuntut pengurangan jam kerja mereka menjadi 8 jam sehari. Aksi ini berlangsung selama 4 hari sejak tanggal 1 Mei.

Pada tanggal 4 Mei 1886. Para Demonstran melakukan pawai besar-besaran, Polisi Amerika kemudian menembaki para demonstran tersebut sehingga ratusan orang tewas dan para pemimpinnya ditangkap kemudian dihukum mati, para buruh yang meninggal dikenal sebagai martir. Sebelum peristiwa 1 Mei itu, di berbagai negara, juga terjadi pemogokan-pemogokan buruh untuk menuntut perlakukan yang lebih adil dari para pemilik modal.

Kongres Sosialis Dunia

Pada bulan Juli 1889, Kongres Sosialis Dunia yang diselenggarakan di Paris menetapkan peristiwa di AS tanggal 1 Mei itu sebagai hari buruh sedunia dan mengeluarkan resolusi berisi:

Sebuah aksi internasional besar harus diorganisir pada satu hari tertentu dimana semua negara dan kota-kota pada waktu yang bersamaan, pada satu hari yang disepakati bersama, semua buruh menuntut agar pemerintah secara legal mengurangi jam kerja menjadi 8 jam per hari, dan melaksanakan semua hasil Kongres Buruh Internasional Perancis.

Resolusi ini mendapat sambutan yang hangat dari berbagai negara dan sejak tahun 1890, tanggal 1 Mei, yang diistilahkan dengan May Day, diperingati oleh kaum buruh di berbagai negara, meskipun mendapat tekanan keras dari pemerintah mereka.

Partido Socialista

PARTIDO SOCIALISTA Discursu Presidente PST

SOCIALIST MOVIMENT

Viva Socialismo

Tuesday, October 5, 2010

HISTORIA PARTIDO SOSIALISTA DE TIMOR


Partido Socialista de Timor la’os Partido ida ke foin moris, moris depois de Referendum. Partido Socialista de Timor iha nia abut iha primeiras insureisoens iha 10 de Junho de 1980. Iha periodo ne’eba membrus Partido Socialista nian balun envolve an aktivu iha organizasaun de lutaklandestina, mesmu ke modelo no’o pratika organizasaun seidauk hatur iha moldes organizasionais, ita hola parte iha primeira insureisaun depois de Base Apoios rahun iha tinan1979. Ita nia kamaradas nain 9 ne’ebe sei jovem hela e envolve an aktivu, makas iha organizasaun insureisaun nebe refere lakon to’o ohin loron i famlia ladauk hatene sira niaparadeiru. Iha momentu ne’eba strutura de luta ladauk instituido didiak, tamba ita nia experiensia seidauk iha!

Hafoin rede clandestina ne’e desmantelada no’o ita nia kamaradas barak lakon to’o ohin loron, precisamente iha 1981 kamarads sira ne’ebe sobrevivente hahu halibur maluk balun hodi hari OJECTIL nudar organizasaun juventude ida atu bele kontinua luta ba Libertasaun Timor Leste. Bainhira ita hola parte hari OJECTIL ita hanoin katak ita bele hahu insia moldes de organizasaun tuir procesu politiku ne’ebe la’o iha rai laran, liu-liu aserta an ho konjuntura politika no’oorganizasaun iha Timor Leste laran tomak ne’ebe komandu superior dirije iha ai laran!

Iha tinan 1989, tamba circuntansias politikas no’o konjuntura foun, membrus Ojectil sira fahe malu, balun ikus transforma OJECTL ba OJETIL e kamaradas balun Pagina 2 husi 45 Shallar Khossi, "FF"., 2010-1017 transforma OJECTIL ba FECLITIL hodi kontinua nia missaun de luta. Iha ne’e hau la aborda kestoens politikas ke influencia prosesu ne’e. Iha intervensaun ne’e hau la aborda kestoens de fundu ka divergensias politikas no’o moldes de organizasaun ke iha tempu ne’eba. Ida ne’e parte historia nian! Husik ba historia maka koalia! Iha 1991, 20 de Dezembro, dirigentes FECLITIL transforma FECLITIL ba AST e hodi nune’e iha 13 de Maio de 1997 transforma AST ba sai Partido Socialista de Timor.

Ho ona insersaun PST iha luta klandestina, ita hahu ona visaun foun katak depois de rai libertada ita tenki kontinua luta ba liberta povo husi opresaun no’o ho visaun atu hari sociedade foun. Ideias, practikas kona ba organizasaun koperativas iha sociedade laran ohin loron sai vida real ke ema hotu koalia e organiza. Ita bele la manan kadeiras barak, maibe ideias–prinsipius barak ke ita defende oin sai realidade konstitusional. Kestaun Restaurasaun da Independensia ke ita kampaina ho kuase materializada. Ne atu hateten deit katak votos, numeros, kuantifikasaun politika ita la hetan, maibe materia, substansia kualidade ideias ne’ebe ke PST lori sai faktor importante tamba ikus mai ema hotu koalia i implementa.

Iha perspektiva realizasaun de ideias-konseitus, ita bele ho laran luak hateten katak PST mesmu ke Partido kiik maibe iha materia de luta teorika nia lidera konseitus no’o nia Partidu ida ke ho visaun futuristika. Pagina 3 husi 45 Shallar Khossi, "FF"., 2010-1017 Ho esperiensias hirak ne’e, buat ida ke importante ke ita tenki kuda iha ita nia vida maka “a forsa da ideia” bele sai nudar faktor determinante iha prosesu revolusionario. Eksemplu ida tan, iha kestoens de Lingua Oficial, hori uluk kedas i to’o agora, PST defende lingua Tetun hanesan Lingua Ofisial no’o hakarak situa lingua Portugues, Ingles no’o Indonesia nudar lingua de trabalho. Ema barak bele kontra, maibe ohin loron iha orgauns ne’ebe deit ema hotu hakerek no’o koalia diskuti ho lian Tetun. PST bainhira defende lingua Tetun nia kaer metin no fiar ba buat rua, ida kestaun do nasinalismu, ida fali kestaun realidade nasional.

Nudar ema esquerda, ita fiar iha prosesu transformasaun, ita fiar iha agentes de transformasaun sosial, ita fiar katak situasaun objektiva ke la’o dadauk iha rai laran hatudu momos katak ema ne’ebe kiak sei kiak ba bebeik, liu-liu ema agrikultores, trabalhadores sira sei hetan terus no’o susar, sei labele moris nudar ema iha vida ekonomika ida ke diak no’o sei la hetan rendimentu minimu ne’ebe sustentavel ida ba ni-nia familia. Inspiradu husi situasaun ida ne’e maka PST fiar katak luta ba emansipasaun ema kiak sira luta ita ke honrado no’o exige partisipasaun, exige sakrifisius, exige dedikasaun, exige doasaun husi klase ne’ebe vanguarda, klase ne’ebe konsiente ho nia insersaun iha sociedade ida ne’e nia laran! Klase ida ne’e maka PST representa, klase ida ne’e maka, sei karik kumpri nia deveres, sei bele realiza verdadeira redensaun da humanidade, sei bele hari sociedade ida ke justu no’o maun alin, moris hanesan no’o la iha diskriminasaun entre ema ba ema, sei la iha explorasaun Pagina 4 husi 45 Shallar Khossi, "FF"., 2010-1017 husi ema ida ba ema ida, i hari sociedade foun ida ke ema hotu iha konsiensia nasional no’o patriotika!
Klase vanguarda, klase konsiente, maka ita hirak ne’e, klase ne’e maka ita be ohin halibur malu iha fatin ida ne’e hodi tetu, hanoin no deside abut ho sanak hodi fó mahon no loke dalan ba ema kiak, mukit no oprimidu sira!

Loron aban sei sai dak liu ba ita hotu, se karik ita sakrifika no’o servisu ba kausa socialismu, ba kausa ne’ebe PST defende! Loron aban ita nia hare sei folin, batar sei folin, buat hotuhotu ne’ebe ita kuda sei folin, ita tomak sei moris diak, moris iha felicidade nudar sociedade tomak ho konsiensia kolektiva, laos individual!

MEMBANGUN KOLEKTIFITAS


Pengantar Demokrasi menjadi kata yang tidak asing ditelinga kita dan seluruh rakyat. Pun dalam memaknai secara umum arti kata "demokrasi" yang berasal dari bahasa yunani, yaitu demos yang berarti rakyat, dan kratos/cratein yang berarti pemerintahan, sehingga dapat diartikan sebagai pemerintahan rakyat, atau yang lebih kita kenal sebagai pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Konsep demokrasi menjadi sebuah kata kunci tersendiri dalam bidang ilmu politik, praktek politik dan organisasi....!!!

Jadi yang menjadi pokok pembahasan penting dalam demokrasi adalah bagaimana proses pengambilan keputusan, melaksanakan dan mengontrol keputusan tersebut. Tidak saja dalam sebuah pemerintahan/Negara, namun juga dalam semua kelompok masyarakat, organisasi massa dan organisasi politik. Demokrasi mengedepankan dikusi dan melibatkan anggota dalam mengambil keputusan, melaksanakan maupun mengontrolnya.

Menilik sejarahnya “demokrasi” sebenarnya telah ada sejak masyarakat komunal primitive itu ada, dimana keputusan-keputusan telah dibuat secara bersama. Kehidupan demokrasi zaman komunal primitive telah melahirkan watak “kolektif”, berdisiplin dan bersetia kawan. Namun seiring perkembangan masyarakat, demokrasi telah “dimatikan/dihilangkan” oleh kekuasaan absolute feodalisme (kekuasaan mutlak tuan tanah). Dalam zaman feodalisme Raja (yang merupakan perwujudan dari tuan tanah) berkuasa penuh dan tidak bisa dilawan segala keputusannya (biasanya dalam bentuk “titah” atau perintah). Demokrasi kembali dilahirkan oleh masyarakat borjuis (pemilik modal) Barat/eropa dalam melawan kekuasaan absolute feodalisme untuk bisa mengembangkan modal mereka. Karena demokrasi ini dilahirkan oleh masyarakat/kaum borjuis yang memiliki pandangan hidup untung-rugi, maka prakteknya pun siapa yang punya uang dialah pemegang kekuasaan, berkorban sedikit untuk mendapatkan keuntungan pribadi sebesar-besarnya. Demokrasi ini (sering disebut demokrasi liberal) telah melahirkan sebuah watak individualis dan “kleptokrasi” (mencuri/mengambil milik orang lain-salah satunya adalah korupsi).

DEMOKRASI BORJUIS VERSUS DEMOKRASI KLAS BURUH

Dalam perkembangan demokrasi dewasa ini, masyarakat kita terhegemoni (dikuasai) oleh pola atau cara-cara dari praktek demokrasi kaum borjuis, yakni praktek demokrasi liberal. Penganut paham liberal adalah individualis. Ini tidak mengherankan, karena intisari dan tujuan liberalisme adalah kebebasan individu. Artinya, kebebasan menurut paham liberal adalah milik setiap individu, bukan kolektif.

Praktek dan cara ber”demokrasi” dalam organisasi juga telah dikuasai oleh watak borjuis yakni perhitungan untung-rugi, memakai kekuatan uang untuk berkuasa bahkan memakai kekuatan fisik untuk memaksakan pendapat maupun untuk berkuasa, tidak mendasarkan pada tujuan organisasi, tidak mendasarkan pada kepentingan besar rakyat, dan tidak mendasarkan kondisi obyektif serta subyektif yang terus berkembang. Praktek ini bisa kita lihat dibanyak organisasi massa atau organisasi politik yang ada saat ini, pun ternyata juga menghinggapi dan dipraktekkan oleh organisasi massa atau organisasi politik yang menyatakan dirinya bagian dari gerakan rakyat untuk perubahan sejati.

Artinya organisasi kita-pun bisa punya potensi berbuat seperti itu, kalau kader-kadernya tidak memiliki kesadaran dan pemahaman akan watak klas buruh, pendirian kelas buruh, tanggung jawab kelas buruh serta demokrasi ala klas buruh. Lalu, Bagaimana demokrasi ala klas buruh?

Demokrasi proletar/buruh Melandaskan pada kepentingan Klas Buruh(rakyat tertindas), bukan perhitungan untung-rugi individu. Demokrasi klas buruh adalah perdebatan yang didasarkan atas analisa kondisi obyektif dengan menggunakan teori saling berhubungan, teori kontradiksi (pertentangan), teori perubahan dan perkembangan. Tidak ada sesuatu yang ada secara materiil didunia ini berdiri sendiri, semuanya saling berhubungan satu dengan yang lainnya, bertentangan dan bergerak maju menuju kualitas baru. Demokrasi klas buruh adalah Perdebatan yang menggunakan argumentasi dan alasan yang ilmiah, rasional dan obyektif, bukan perdebatan yang memakai argumentasi “asal beda”, “asal keras”, “asal serang” dan asal-asalan tanpa melihat subtansi perdebatan.

Demokrasi klas buruh adalah pengambilan keputusan dengan perdebatan yang menempatkan orang-orang pada posisi yang setara. Tidak ada yang lebih hebat dan kuat, apapun jabatannya dalam organisasi. Demokrasi klas buruh tidak mempersoalkan siapa yang bicara, tidak menyerang individu yang menyampaikan pendapat tapi inti persoalan. Individu bisa “diadili” pada forum organisasi (biasanya pada evaluasi atau oto kritik) bila telah menyangkut pelanggaran prinsipil organisasi dan korupsi, pada kesalahan kerja adalah kesalahan kolektif. Demokrasi klas buruh adalah pengambilan keputusan yang tidak dipengaruhi dan ditentukan oleh kekuatan uang, tidak ditentukan oleh satu orang saja bahkan tidak ditentukan oleh kekuatan fisik dari kelompok tertentu. Namun ditentukan oleh kesepakatan bersama atas kesimpulan bersama dari perdebatan-perdebatan tersebut.

Demokrasi klas buruh dalam organisasi massa atau serikat buruh bisa berjalan dengan baik bila para anggota memahami akan tujuan dan kepentingan organisasi. Memahami kepentingan klas buruh harus disandarkan pada kesadaran kita sebagai individu pada watak klas buruh. Dimana Seorang pribadi dalam barisan klas buruh harus memiliki ketentuan-ketentuan :

  1. Jujur kepada Rakyat dan organisasi, (tidak ada yang dirahasiakan kepada organisasi).
  2. Bersatu, Memelihara Persatuan didalam organisasi yang melandaskan atas prinsip-prinsip pembebasan Kelas buruh dari penghisapan, bukan sekedar atas dasar hubungan baik personal atau tahu sama tahu.
  3. Berdisiplin, taat pada aturan dan ketentuan organisasi, melaksanakan tanpa syarat keputusan organisasi (berdiskusi dan terlibat evaluasi), tidak liberal dan berbuat semaunya sendiri.
  4. Bersetia Kawan, Memperhatikan kehidupan kawan kolektif seperti memperhatikan dirinya sendiri.
  5. Bersedia Berkorban, dalam upaya menggulingkan kekuasaan kapitalis dan merubahnya menjadi system baru diperlukan banyak pengorbanan dalam kehidupan pribadi kader/anggota. Bukan hanya berkorban nyawa, tetapi korban dalam kehidupan sehari-hari untuk kerja-kerja organisasi.
  6. Tidak melakukan hal-hal yang dipandang jelek/buruk oleh Rakyat. Bagaimana kader atau anggota organisasi massa klas buruh apabila kelakuan personalnya dibenci oleh orang sekitarnya karena praktek hidup yang bertentangan dengan budaya massa. Bagaimana kader/anggota bisa berpropaganda dan jadi tauladan bila keberadaanya sudah tidak menarik simpati massa. Bahkan dalam suatu keluarga-pun dimana kader/anggota itu berada perlu menunjukkan sikap dan tindakan yang dipandang baik sehingga mendapat dukungan untuk bergerak. Tindakan yang tidak berkenan dimassa bisa membuat massa itu lari dari semua program yang dibuat oleh organisasi.

Watak klas buruh tidak begitu saja lahir dalam induvidu pejuang rakyat, bahkan dari orang yang bekerja sebagai kaum buruh sekalipun. Watak klas buruh harus diasah dan diperdalam dengan memperdalam teori perjuangan klas, mempertinggi praktek berorganisasi dan perjuangan rakyat. Watak klas bisa diukur dari praktek keseharian individu baik dalam berorganisasi maupun dalam berinteraksi dalam masyarakat. Watak kelas buruh dari individu ini tidak berdiri sendiri, dia harus dijadikan watak kelas dalam organisasi massa.

WATAK KELAS BURUH DARI INDIVIDU AKAN BERKURANG KEKUATANNYA ATAU BAHKAN TIDAK MENJADI SEBUAH KEKUATAN PERJUANGAN KELAS BURUH, TANPA PENDIRIAN TEGUH KELAS BURUH YANG DIMILIKINYA DAN TANGGUNG JAWAB TERHADAP PERJUANGAN KELAS BURUH YANG DIIKAT DALAM MEKANISME KERJA ORGANISASI. SALAH SATU MENJALANKAN MEKANISME ORGANISASI ADALAH DEMOKRASI INTERNAL ORGANISASI.

Nah, makanya demokrasi yang kita bangun dalam organisasi massa Serikat Buruh haruslah demokrasi klas Buruh dengan mempraktekkan watak klas buruh dan tanggung jawab terhadap perjuangan kelas. Watak klas buruh memandu kita agar kita tidak melakukan politicking(pura-pura) pada kawan, menipu kawan dan tidak percaya pada kawan.

“Jangan lihat siapa yang bicara, tapi dengar dan nilailah isi pembicaraanya”

Demokrasi proletar dalam KOLEKTIFITAS

SEKEDAR MENGINGATKAN, BAHWA DEMOKRASI KLAS BURUH DAN KOLEKTIFITAS ADALAH SATU KESATUAN DALAM MENJALANKAN ORGANISASI YANG MODERN DAN MENUJU PERUBAHAN KUALITAS YANG BARU LEBIH BAIK. KOLEKTIFITAS YANG PALING SEDERHANA ADALAH BAHWA SEMUA KERJA DIPOROSKAN/DIPUSATKAN DALAM ORGANISASI. TENTUNYA SESUAI DENGAN LEVEL DAN TUGAS KITA ADA DIMANA, NAMUN UNTUK LEBIH BISA MEMAJUKAN KERJA KOLEKTIFITAS KITA BISA MEMAKAI PRINSIP SEBAGAI BERIKUT :

  • KOORDINASI, KOMUNIKASI AKTIF ANTAR KADER DAN RAPAT-RAPAT ORGANISASI SESUAI FUNGSINYA, SEPERTI:PLENO,KOORDINASI DAN HARIAN.kADER/PENGURUS BEKERJA DAN BERTANGGUNG JAWAB PADA FUNGSI DAN TANGGUNG JAWABNYA.
  • ADANYA KRITIK DAN OTO KRITIK.
  • MENYUSUN PROGRAM SESUAI PRIORITAS DENGAN MEMADUKAN SITUASI UMUM, PROGRAM UMUM, DAN PROGRAM TUNTUTAN MASSA.
  • INDIVIDU TUNDUK PADA ORGANISASI,KEPENTINGAN ORGANNISASI DIDAHULUKAN DARIPADA KEPENTINGAN INDIVIDU.
  • MINORITAS TUNDUK PADA MAYORITAS, DENGAN MEMBERI RUANG UNTUK MINORITAS MEMPERJUANGKAN GAGASAN DAN PADA SITUASI YANG TEPAT BISA SAJA GAGASAN MINORITAS DIPAKAI SEBASGAI KEPUTUSAN MAYORITAS.

PRAKTEK DEMOKRASI KLAS BURUH DAN KOLEKTIVITAS BUKANLAH DENGAN TAHU SAMA TAHU ANTAR AKTIFIS ATAU PENGURUS, NAMUN HARUS DIBANGUN MEKANISME KOLEKTIVITAS DALAM ORGANISASI. DEMOKRASI KLAS BURUH DAN KOLEKTIVITAS BUKANLAH KONSPIRASI(PERSENGKONGKOLAN) YANG TIDAK ADA LANDASAN PRINSIP DAN HANYA MENGANDALKAN PEMBENARAN-PEMBENARAN UNTUK KEUNTUNGAN SEGELINTIR ORANG. KOLEKTIFITAS DIBUTUHKAN KEPERCAYAAN ANTAR INDIVIDU, TETAPI KEPERCAYAAN YANG TERUKUR OLEH PRAKTEK KERJA DAN KOMUNIKASI.

Penutup

DEMOKRASI KLAS BURUH DAN KOLEKTIVITAS MEMERLUKAN SEBUAH PEMAHAMAN TEORITIS DAN PRAKTEK YANG SEIMBANG TERHADAP TUJUAN DAN PRINSIP SERTA PROGRAM TAKTIK ORGANISASI DIPANDU DENGAN INDIVIDU YANG MEMILIKI WATAK KLAS BURUH.

KEHENDAK PERUBAHAN DALAM DIRI KITA, YANG MEMAHAMI BAHWA ORGANISASI SEBAGAI ALAT YANG HARUS DIPERKUAT, DIPERTAJAM DAN DIPERBESAR MAKA MENJADI KEHARUSAN KITA MENYEDIAKAN DIRI KITA MEMILIKI DAN MEMPRAKTEKKAN WATAK KLAS BURUH. KITA HARUS BERANI MEMILIKI DAN MEMPRAKTEKKAN DEMOKRASI PROLETAR DAN KOLEKTIFITAS. KITA HARUS BERANI MENGOREKSI LANGKAH KITA YANG BERLALU UNTUK KITA DAPATKAN PRAKTEK BARU YANG LEBIH MAJU, SEBAGAI BENTUK TANGGUNG JAWAB KITA SEBAGAI KELAS BURUH TERHADAP PERJUANGAN KELAS BURUH.

MARI BELAJAR DAN BEKERJA SAMA DALAM PARTAI POLITIK PST UNTUK MEWUJUDKAN PERUBAHAN SEJATI....... !!!!!!!!!!!

Sosialisme


Sosialisme adalah pandangan hidup dan ajaran kamasyarakatan tertentu, yang berhasrat menguasai sarana-sarana produksi serta pembagian hasil-hasil produksi secara merata. Sosialisme sebagai ideology politik adalah suatu keyakinan dan kepercayaan yang dianggap benar oleh para pengikutnya mengenai tatanan politik yang mencita-citakan terwujutnya kesejahteraan masyarakat secara merata melalui jalan evolusi, persuasi, konstitusional-parlementer, dan tanpa kekerasan.
Sosialisme sebagai ideology politik timbul dari keadaan yang kritis di bidang sosial, ekonomi dan politik akibat revousi industri. Adanya kemiskinan, kemelaratan,kebodohan kaum buruh, maka sosialisme berjuang untuk mewujudkan kesejahteraan secara merata.Dalam perkembangan sosialisme terdiri dari pelbagai macam bentuk seperti sosialisme utopia, sosialisme ilmiah yang kemudian akan melahirkan pelbagai aliran sesuai dengan nama pendirinya atau kelompok masyarakat pengikutnya seperti Marxisme-Leninisme, Febianisme, dan Sosial Demokratis.
Sosialisme dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada masyarakat–bangsa yang memiliki tradisi demokrasi yang kuat. Unsur-unsur pemikiran yang ada dalam gerakan sosialis sebagimana tergambar di Inggris mencakup:
(a) agama; (b) idealisme e tis dan estetis; (c) empiris Fabia ; dan (d) liberalisme.
Sosialisme yang ada disetiap negara memiliki ciri khas sesuai dengan kondisi sejarahnya. Dalam sosialisme tidak ada garis sentralitas dan tidak bersifat internasional. Sosialisme di negara-negara berkembang mengandung banyak arti. Sosialisme berarti cita-cita keadilan sosial; persaudaraan; kemanusiaan dan perdamaian dunia yang berlandaskan hukum; dan komitmen pada perencanaan.
Di negara-negara Barat (lebih makmur) sosialisme diartikan sebagai cara mendistribusikan kekayaan masyarakat secara lebih merata sedangkan di Negara berkembang sosialisme diartikan sebagai cara mengindustrialisasikan Negara yang belum maju atau membangun suatu perekonomian industri dengan maksud manaikkan tingkat ekonomi dan pendidikan masyarakat.
Sosialisme sebagai idiologi politik yang merupakan keyakinan dan kepercayaan yang dianggap benar mengenai tatanan politik yang mencita-citakan terwujudnya kesejahteraan masyarakat secara merata melalui jalan evolusi, persuasi, konstitusional-parlementer dan tanpa kekerasan. Sosialisme sebagai ideologi politik timbul dari keadaan yang kritis di bidang sosial, ekonomi dan politik akibat revousi industri. Adanya kemiskinan, kemelaratan, kebodohan kaum buruh, maka sosialisme berjuang untuk mewujudkan kesejahteraan secara merata.
Dalam perkembangan sosialisme terdiri dari pelbagai macam bentuk seperti sosialisme utopia, sosialisme ilmiah yang kemudian akan melahirkan pelbagai aliran sesuai dengan nama pendirinya atau kelompok masyarakat pengikutnya seperti Marxisme-Leninisme, Febianisme, dan Sosial Demokratis. Sosialisme dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada masyarakat–bangsa yang memiliki tradisi demokrasi yang kuat.