Friday, October 15, 2010

MANIFESTO POLITIK PST

APA BEDANYA NEGARA SOSIALIS DAN MASYARAKAT SOSIALIS..?

Negara Sosialis dan masyarakat Sosialis tentu ada perbedaannya, bila dilihat secara cermat dalam praktek-praktek ketata-negaraan, baik itu pada negara yang bersistem kapitalis-imperialis, ataupun komunis-sosialis. Kami sebutkan praktek-praktek ketata-negaraan, dengan tujuan agar kita tidak terjebak dalam penipuan defenisi - teori ilmu politik, baik dari Barat maupun dari Timur, yang mendifinisikan Negara adalah suatu organisasi dari suatu masyarakat yang terorganisir secara politik. Defenisi itu memang sangat ideal, bila kita mau menerima pandangan Rosseau dalam tulisannya "Du contract Social" di mana dipaparkan bahwa, karena sesuatu kondisi, sejumlah orang/masyarakat telah secara bebas mendelegasikan hak dan wewenang yang terbatas kepada sejumlah orang untuk mengurusi kepentingan bersama. Bila pandangan Rosseau yang kita setir, maka, Negara yang terbentuk tadi harus memiliki suatu pemerintahan dari rakyat dan bertanggung-jawab kepada rakyat itu sendiri. Bila teori atau pandangan ini yang efektif dalam praktek, maka, kelihatannya antara negara dan masyarakat Sosialis tidak ada bedanya.


Pada perkembangan selanjutnya, terkecuali, pada negara-negara kuno di mana batas antara negara dan masyarakat belum begitu jauh, dalam negara modern yang berasaskan atas "Trias Politik - nya" Montesquieu di mana ada Perwakilan Rakyat dan Pemerintahan (senantiasa), yang nota bene mau menunjukkan kebenaran teori politik tentang negara secara teoritis, dalam praktek terdapat suatu kontradiksi yang cukup besar. Secara nyata dan dalam praktek sehari-hari, negara dan masyarakat tidaklah sama artinya. Apalagi dalam negara yang berkembang sistem kapitalisme. Negara, dalam praktek, lebih tepat jika didefinisikan sebagai organisasi kaum penindas yang beradab, beradab karena segala penindasan yang dilakukan terhadap rakyat sudah mendapat legitimasi dari segala bentuk sistem dan hirarki hukum yang katanya diproduksi oleh masyarakat lewat penempatan wakil-wakilnya, entah lewat sistem pemilu proporsional atau distrik. Dalam pengertian ini, maka, kami katakan bahwa negara Sosialis dan masyarakat Sosialis sangat berbeda jauh.
Perbedaan lain terdapat pada teori revolusi Sosialis itu sendiri, di mana dikatakan bahwa tahap pertama revolusi Sosialis adalah revolusi politik. Revolusi politik dalam arti dilakukan atau diperjuangkan secara nasional, dipimpin oleh suatu elit politik yang bertujuan menghancurkan kapitalisme dan imperialisme untuk meraih kekuasaan politik. Pada semua revolusi politik yang terinspirasi oleh teori Marxis, kekuasaan politik adalah faktor utama atau alat utama yang harus dicapai, dimiliki oleh kaum revolusioner guna membangun masyarakat Sosialis.
Memang sangat ideal teori revolusi itu! Tapi nyatanya, setelah mencapai kekuasaan dan memiliki kekuasaan politik di tangan, (perhatikan semua revolusi Sosialis seperti Soviet, Cina, Kuba, Vietnam, dan yang lainnya, terkecuali revolusi Pol Pot yang gagal itu, para kaum Sosialis tergoda dengan segala akses kenikmatan kekuasaan politik bangsa hanya mampu mewujudkan suatu negara Sosialis tapi di dalam negara yang didirikan itu mayoritas rakyat hidup dalam suatu keadaan kemiskinan yang sangat biadab dan jauh dari cita-cita filsafat Sosialis, yakni :
  1. Public Ownership of Nationalized Production or Corporative; (Nasionalisasi Produksi-Kerjasama atas Hak Milik Umum)
  2. Social Welfare System; (Sistem Kesejahteraan Sosial)
  3. The Intention of Quality Abundance; (Tersedianya kualitas barang konsumsi yang berkecukupan)
Kalau demikian, apa artinya masyarakat Sosialis? Menurut pengertian kami, di dunia modern, ada jarak yang membedakan konsep negara dan konsep masyarakat. Bila kita mau berpedoman pada teori bahwa negara adalah masyarakat yang terorganisir secara politik, maka, paling mendasar kita dapat menerimanya dalam arti bahwa negara adalah satu organisasi dari masyarakat yang memiliki akses politik, menikmati pelayanan hukum (walaupun sering kali salah memanfaatkannya!), dan lain sebagainya, karena telah mapan secara ekonomis (mapan secara ekonomis dalam pengertian Sosialisme adalah menemukan kondisi kesejahteraan dan menikmati hasil kerja sebagai sesuatu yang menjadi miliknya, tidak berada di luarnya (alienasi), tidak ada dehumanisasi!). Dengan demikian dalam suatu negara terdapat dua golongan masyarakat, yaitu :
  1. Yang terdiri dari individu-individu yang sudah makmur;
  2. Dan yang lain, yang terdiri dari individu-individu yang menderita perbuatan serta kenikmatan dari golongan yang mapan.
Dengan mempergunakan dua golongan dalam masyarakat pada satu negara, tidak berarti bahwa secara teoritis kami mau melangkah keluar dari konsep kelas dalam pengertian Marxis, melainkan memberikan muatan-nuansa politik bahwa segala kelas (Petani, Buruh, Pekerja, Pegawai Negeri dan Wiraswasta kecil yang belum makmur, atau yang bekerja dalam pengertian, menjual tenaga, kemampuan intelektual (bidang jasa) dan tidak dapat memiliki hasil kerjanya, menerima gaji yang kurang untuk kebutuhannya, dan yang tidak memiliki akses politik, tidak menikmati pelayanan hukum yang adil, dan yang lainnya, dalam arti kata tertindas!), tertindas disatukan dalam satu golongan agar dapat mempermudah penerapan strategi untuk membangun sebuah masyarakat Sosialis sebagi langkah pertama yang perlu demi melangkah ke pengambil-alihan kekuasaan politik (Negara!), tanpa hanya harus berpegang pada teori perlunya dicetuskan terlebih dahulu revolusi politik, tanpa hanya harus berharap pada perjuangan jalur parlamenter, melainkan, sebelum kondisi obyektif tersedia, dengan berbasiskan pendidikan politik golongan tertindas mengefektifkan kekuatan ekonomi yang dimiliki, membangun basis ekonomi tersebut per sektor dan mengalokasikannya sesuai kebutuhan baik di kalangan sendiri dan masyarakat luas, yang keseluruhannya kami sebut "Jalan Menuju Sosialisme - Humanistis".
Dengan pengertian seperti tersebut diatas, kami ingin menunjukkan bahwa pada prinsipnya terdapat perbedaan antara negara Sosialis dan masyarakat Sosialis. Oleh karena itu, kami berkeyakinan bahwa tidak hanya melalui kekuasaan politik kita dapat membangun masyarakat Sosialis. Ada jalan atau alternatif lain, berawal dari penataan "grass root" atau basis massa menuju ke pembentukan suatu negara Sosialis.

Komitiva Comite Central iha Hatolia

Iha seremonia hasae bandeira PST iha Suco Leimea Kraik, Chefe de Suco (Frederico) hato'o mos prekupasaun kona ba infrastruktura nebe sai hanesan obstaklu bo'ot ida ba vida komunidade ne'ebe moris iha area Leimea Kraik, Hatolia, tanba durante udan tau rai sempre akontese mota bot (Mota Grai) nebe kada tinan-tinan sempre fo desastre hanesan mota lori populasaun balun nebe hakarak faan sira nia animal hanesan; manu, fahi, bibi no karau mai iha basar. Objetivu husi faan sasan hirak ne'e, atu bele sustenta sira nia vida i moris e sosa netik minarai hodi bele fo naroman iha tempu kalan, maibe sa-ida mak akontese, wainhira sira lori sira nia sasan ne'e mai faan sempre hasoru desafiu hanesan mota boot e sira mos la espera katak, mota ne'e bele lori ema e halakon ema nia vida. Faktus no realidade hatudu momos katak iha tinan 2009, mota konsege lori populasaun ne'ebe tenta atu ba faan manu iha basar Hatolia wainhira fila hetan desastre hanesan mota lori populasaun ho manu hirak e manu ho ema ne'e mate hotu tanba mota boot.

Tanba ne'e Chefe de Suco husu ba Governu no atu bele hadia hela estrada ne'ebe durante Timor ukun-an ate data ladauk hadia hela estrada ne'ebe liga ho Suco ida ne'e ho Sub Distrito Villa (Hatolia) hodi bele sustenta e fasilita komunidade iha area ne'eba, Refere. Sugestaun nebe atraves Chefe do Suco hato'o mak karik bele Governu bele hadia e rehabilita fali estrada nebe tempu okupasaun Japonese iha tinan 1942-1946 tan 50% kondisaun estrada ne'e sei diak hela, hodi bele asesu ba movimentu komunidade ne'ebe moris iha Suco Leimea Kraik (Hatolia, Emera). Tanba kuandu ita loke estrada foun entaun persiza tempu naruk ho orsamentu ne'ebe as liu...!!!

Thursday, October 14, 2010

Governu Tenki Brani Foti Desizaun

Relasiona ho fornesementu elektricidade iha sidade Dili laran, Governu liu husi Ministeriu Infra-Estrutura tenki brani foti desizaun hasoru kompanha tamba ahi kontunua mate lakan. Tuir kontratu ne'ebe kompaninha Manitoba asina ho Governu Timor Leste iha inisiu de fulan Setembru, tinan 2007 ne'e ho nia durasaun to'o tinan 2012 (Tinan lima). Maibe jestaun oferese enerjia elektricidade ba konsumidores, Secretario Estado Elektricidade Aqua e Urbanizasaun (SEEAU), Januario Pereira no inklui mos visi Ministru Infra-Estrutura Jose Manuel Crasscalao dezafia para Ministru Infra-Estrutura ho Primeiru Ministru atu hola medidas hasoru kompanha.
Maske antes kompanha Manitoba hydro internasional.Ltd. Liu husi nia directur Mac Maiden hateten katak relasioan ho ahi lakan mate, Manitoba prontu... prontu... simu konsekuensi husi Guvernu tanba tuir nia katak Governu mak iha poder hapara ga kontinua kontratu. Governu mak ulun bo'ot Nasaun nian, ne'ebe desizaun sa ida deit prontu, "afirma" Mac Maiden. Tanba ne'e Mac prontu fo relatorio karik hapara kontratu para bele utaliza tuir Nasaun nia diak...!!

Perguntas bo'ot ba ita nudar cidadaun Timor uan, Nusa maka Governu la brani foti desizaun ba ahi lakan mate ne'e...??? Ministru Infra-Estrutura iha poder para atu hapara kontratu ho kompanha ne'e, nai ulun sira ne'ebe mak iha kompoten iha Ministeriu Infra-Estrutura nia laran labele hatete dehan kompanha mak sala, ida ne'e mak la lo'os, ahi lakan mate ne'e ita bo'ot sira mak responsavel kona ba problema ida ne'e. lahos alasan fali dehan ida ne'e mak ladiak, ida ne'eba mak ladiak...!!??

PST Suco Molop ho Suco Sibuni, Bobonaro. (Governu la tau interese ba produtu lokal kamii)

Partido hanesan instrumen demokratiku no autor ba deznvolvimentu iha kualker pais liu husi institusi nebe iha kompetensia wainhira kaer ukun e manan iha elisaun. Atu bele hatene desafiu ho obstaklu nebe komunidade infrenta base liu-liu iha area remotes Bureau Politiku Partidu Sosialista halao deslokasaun ba Suco Molop, Suco Sibuni, Sub-Distritu Bobonaro. Iha seremonia hasae bandeira PST iha Suco Sibuni, Chefi de Suco Sibuni hato'o mos prekupasaun kona infrastruktura nebe sai hanesan obstaklu boot ida ba vida komunidade nia moris, tanba durante udan tau rai sempre akontese rai halai e inudasaun hodi fo impaktu ba komunidade sira labele halao vida ekonomia hanesan faan sira nia produtu lokal ba merkadu ka basar. Tentativa hirak ho objetivu atu bele sustenta sira nia vida moris e sosa netik minarai hodi bele fo naroman iha tempu kalan.
Iha parte agrikultura chefi de Suci Sibuni nee hatoo mos kestaun kona presu produtu lokal (Aleurites mollucana ka kami'i) ne'ebe iha folin baratu teb-tebes kada kg 1 kona $0.35 sen dolar Amerikanu. Lamentasaun nebe sira hatoo tanba prosesu atu hetan kami'i nia isin mos liu husi prosesa ida ke naruk ho kolen tanba uza sistema manual e loke ho liman. Produtu lokal hanesan kami'i iha area neba'a dala kada uma kain idabele hetan too 300kg kada periodu kuu. Maibe seidauk iha programa Guvernu ida mak bele halao e sosa produtu ida nee, husi parte Guvernu so sosa deit mak hare no batar, dehan chefi de Suco no koordenador PST iha area neeba. Programa neebe Guvernu garantia no halao kampainha katak (POVU KUDA GOVERNO SOSA), realidade ponteiro politika programa Guvernu nee lao kontradi husi esquerda ba direita (JARUM JAM BERBALIK ARAH) ho sentidu katak (GUVERNU KUDA POVU SOSA). Sosa tanba fos MTCI ho presu $12.00 US. tanba fos importasaun folin baratu liu duke fos lokal nebe kada $28.00US, Tanba nee husu ba Guvernu atu bele redus importasaun fos hodi bele promeve fila fali fos rai e fos lokal.